Sabtu, Februari 20

Buku Baru: “Gus Dur Presiden Republik Akhirat”


Surabaya (GP Ansor Online): Sebuah buku yang mengupas kehidupan dan pemikiran mantan Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diluncurkan di Pasar Buku Indonesia Cerdas (PBIC) Kapas Krampung Plaza, Kamis (18/2/2010) hari ini.

Anehnya, judul buku itu sedikit kontroversial, yakni “Gus Dur Presiden Republik Akhirat”. Penulisnya adalah Ketua Ikatan Kerukunan Umat Beragama (IKUB) Jatim H Muhammad Zakki dan juga merupakan tokoh muda NU.

“Meski judulnya terkesan aneh dan kontroversial, Insya Allah menjadikan kita lebih semakin terbuka untuk melihat secara jernih dan arif. Yakni, pikiran dan keberanian yang gigih dari sosok Gus Dur tidak pernah basi untuk diulas dan diapresiasi. Gus Dur itu juga sebagai malaikat demokrasi,” kata M Zakki, sang penulis kepada beritajatim.com.

Menurut dia, penggeloraan semangat Gus Dur dalam hal menegakkan demokrasi dan pembelaan terhadap kelompok minoritas yang tertindas tidak akan terlupakan dalam catatan sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

“Pikiran yang konsisten dan keberanian tangguh pada diri Gus Dur terus dibarakan, hingga mengkristal menjadi satu kekuatan besar untuk disumbangkan ke masyarakat, bangsa dan agama. Meski Gus Dur telah meninggal, beliau mewarisi pikiran dan keberanian harus diteladani generasi bangsa,” imbuhnya.

Pada saat acara bedah buku Gus Dur Presiden Republik Akhirat itu dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya adalah Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), adik kandung Gus Dur dr Umar Wahid, Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya Nur Syam, dan Cawawali Surabaya Edy Gunawan Santoso (EGS).

Sejumlah tokoh dari berbagai kalangan tersebut juga diminta menandatangani prasasti untuk Penganugerahan Rakyat Pahlawan Nasional untuk Gus Dur. [bj]

Source: http://www.gp-ansor.org/berita/buku-baru-gus-dur-presiden-republik-akhirat.html

1 comments:

Anonim mengatakan...

BUKU GUSDUR PRESIDEN AKHIRAT

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More