Rabu, Januari 6

Proposal Skripsi

A. Judul

HUBUNGAN FASILITAS SEKOLAH DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMKN 3 JOMBANG TAHUN AJARAN 2010/2011

B. Latar Belakang

Masalah pendidikan merupakan suatu hal yang penting dan dianggap pokok dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu sangat wajar dan tepat jika bidang pendidikan termasuk hal yang sangat diperhatikan di negara Indonesia. Sebab pendidikan merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan nasional (Usman, 1995 : 143). Dalam pelaksanaan pendidikan tidak hanya mencakup kecerdasan maupun intelektual, melainkan juga mencakup ketrampilan dan pengembangan pribadi sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan sebagai warga negara Republik Indonesia.
Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu yang diinginkan. Pada saat proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, setiap siswa tentu berharap untuk mencapai hasil yang baik dan memuaskan sesuai dengan usaha yang telah mereka lakukan.
Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang siswa dalam mencapai prestasi belajar yang diharapkan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga, sangatlah penting bagi siswa untuk mengetahui faktor-faktor tersebut. Namun demikian, hal ini tidak hanya penting bagi siswa saja, tetapi juga guru dalam mengatur dan mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, agar dapat terjadi proses belajar mengajar yang optimal.
Dalam mewujudkan keinginan untuk mencapai prestasi yang memuaskan, maka harus didukung dengan usaha yang maksimal. Misalnya, pengadaan fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah. Keberadaan fasilitas sekolah memiliki arti yang sangat penting, karena dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar. Oleh karena itu, keberadaan fasilitas sekolah harus dimanfaatkan oleh siswa secara maksimal.
Fasilitas sekolah adalah segala sesuatu yang dapat memudahkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Fasilitas sekolah merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan kelengkapan fasilitas belajar, diharapkan siswa dapat mengembangkan dirinya dalam hal pengetahuan, kreativitas dan keterampilan.
Kesiapan belajar merupakan salah satu komponen penunjang pembelajaran karena kesiapan belajar siswa dapat menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Dengan adanya kesiapan belajar, siswa akan terdorong untuk melaksanakan dan mengerjakan tugas-tugas belajarnya. Hal ini karena dengan adanya kesiapan belajar sebelum pembelajaran dilaksanakan, berarti siswa telah mempunyai satu nilai lebih dan motivasi untuk mengikuti proses belajar dan pembelajaran.
Menurut Slameto (2003:54) hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu meliputi faktor yang berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor internal meliputi motivasi, minat, bakat, kebiasaan belajar dan tingkat kecerdasan seseorang. Sedangkan faktor eksternal meliputi keluarga, lingkungan tempat tinggal, kurikulum, dan fasilitas sekolah.
Tujuan dari suatu proses belajar mengajar adalah mencapai prestasi yang optimal. Hal ini akan mendorong siswa untuk belajar lebih giat, sehingga diharapkan ia benar-benar dapat menguasai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Penguasaan materi ini akan tercermin dari nilai yang diperoleh setelah ia menempuh suatu tes atau ujian. Nilai merupakan perhitungan dalam pengambilan keputusan dan keputusan tersebut merupakan rangkaian yang menentukan di kemudian hari.
Prestasi belajar siswa dapat tercermin dari nilai yang diperoleh siswa. Prestasi merupakan harapan semua pihak, baik siswa sendiri, orang tua, dan juga guru. Prestasi belajar diperlukan dalam pertimbangan untuk menentukan naik tidaknya siswa, kelulusan dan pemilihan siswa berprestasi. Dengan adanya hal tersebut, maka dari fasilitas sekolah dan kesiapan belajar dapat dilihat adanya perubahan prestasi yang akan diraih oleh siswa-siswi di sekolah.
......

Download:
Bab A_I
Bab J_K
BAB L_Q

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More