Sabtu, September 27

Briefing Kelas Inspirasi Malang 2014

Sabtu, 20 September yang lalu diadakan briefing Kelas Inspirasi Malang yang ke-2. Bertempat di Balai Pertiwi Universitas Machung, Kegiatan briefing ini diikuti oleh 168 relawan, mulai dari relawan pengajar, fotografer dan videografer. Briefing ini dilakukan untuk mempersiapkan acara hari inspirasi di 27 SD di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu hari senin 29 September 2014.

Kegiatan ini dimulai dengan salam dari panitia, dilanjutkan dengan penampilan dari ocarinasia malang yang menyuguhkan musik merdu ocarina, sharing tentang pendidikan dan pembelajaran, praktikum micro teaching, FGD per penempatan dan penutup. Acara yang meriah ini dimulai dari pukul 09.00-13.00 WIB. Semoga senin depan (29/09/2014) semua bisa berjalan lancar.

Info seputar Kelas Inspirasi (KI) lebih lanjut dapat diakses pada: http://kelasinspirasi.org/

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita.

Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekadar berjejaring dan berkomunikasi terus. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antarprofesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus.

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa.


Ruang briefing, Balai Pertiwi Machung

"Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka."

Penulis sedang menyampaikan materi micro teaching


Ocarinesia Malang sedang menampilkan  musik ocarina

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More